Friday, November 05, 2010

RESEP PASTEL PANGGANG a.k.a PASTEL TUTUP

Makanan favorit g dan suami sama, pastel tutup dan sup merah. ^_^ Kali ini, g mau bagi-bagi resep pastel tutup ala Fely. Resepnya diambil dari resep mama g yang udah g modif sesuai selera g. :P. Udah gitu, isinya istimewa, bok. Lebih lengkap dibanding pastel tutup yang biasa dijual pada umumnya. Dijamin, pastel tutup ini akan mengacaukan program diet anda. :P

BAHAN:
 TOPPING :
500 gr kentang kukus, lalu haluskan

BUMBU TOPPING:
½ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
2 sdm margarin
1/2 sdt penyedap rasa
5 s/d 10 sdm susu cair
 
FINISHING untuk dioleh di atas topping:
1 kuning telor dan serutan keju (bila suka)


ISI :
25 gr soun, rendam air panas, potong2 4 cm
25 gr jamur kuping, rendam, iris halus memanjang
4 sdm kacang polong kalengan
150 gr wortel, iris kotak2 kecil2
4 butir telor rebus (biasa kuningnya ga g pake. Soalnya mama g ada khan ada kolestrol. :P) potong kotak2.
150 gr fillet dada ayam rebus, potong kotak2 kecil2.
6 lembar smoked chicken potong2 ukuran besar
1/4 kaleng maling (itu lo, ham babi. :P) potong kotak2 kecil
2 sdm margarin, untuk menumis
1/2 butir bawang bombay, cincang
250 cc kaldu ayam
250 cc susu cair
1,5 sdt garam (sesuai selera)
1 sdt merica bubuk (sesuai selera)
½ sdt pala bubuk (sesuai selera)
1 sdt gula pasir (sesuai selera)
1/2 sdt penyedap rasa
bawang putih n bawang merah goreng secukupnya (ga pake juga gpp. tergantung selera)

untuk mengentalkan pake terigu 1 s/d 3 sdm (tergantung selera. G suka yang kental jadi g pake 3 sdm. suami g suka yg berkuah, jadi g kasih man 1/2 sdm)


CARA BIKINNYA:

1. Olesi pinggan tahan panas dengan margarin.

2. Campur topping kentang dengan bumbu topping, sisihkan.

3. Taruh 1/2 bagian kentang di dasar pinggan, ratakan. (kalau mau pastel yang berkuah spt favorit suami g, nggak usah di kasi kentang di dasarnya, langsung aja isinya, dan kuahnya. kentang semua buat tutup aja)

4. Panaskan margarin, tumis bawang bombay dan pala bubuk, hingga harum,

5. Masukkan daging ayam dan maling. Aduk, tuangi kaldu.

6. Masukkan soun, jamur, kacang polong, daun bawang, wortel, dan putih telor. Tuang susu, bubuhkan garam, merica dan gula.

7 Aduk hingga wortel matang, angkat. (kalau mau versi kental, masukin tepung terigu yang udah dicampur aer secukupnya - g sih mayan banyakan aernya. 100 ml an- aduk cepat, hingga mengental... jangan terlalu kental, karena saat dingin adonan bakal makin mengeras).

8. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah di alas topping kentang, atur potongan smoked beef di atasnya (lumayan, dgn cara ini, ngatur toppingnya lebih gampang n rapi. Tapi kebanyakan orang suka telor rebusnya yg dipotong tipis2 trus ditaruh di atas adonan. Soalnya kuning telor rebus suka berantakan kalo dicampurin ke adonan).

9. Taruh topping kentang di atasnya. Rapikan topping.

10. Olesi permukaan kentang dengan kuning telur, kalau mau, buat motif gurat dengan garpu diatas permukaan kentang setelah di oles kuning telur, panggang selama 30 menit, atau hingga kekuningan. Angkat. (g sih panggang dulu 15 menit, abis itu baru g olesi kuning telor or kasi serutan keju, trus baru dipanggang lg)

 Jadi deh!!!! Panjang ya cara bikinnya. Hihihi... sebenernya gampang bgt kok bikinnya. Cuma ribet di urusan rebus merebus dan potong memotong bahan itu. Asli bikin encok bok. Jereng mata g melototi telenan. :P Demi suami, gpp, deh. :P

9 comments:

  1. kalian orang surabaya ya?
    soalnya pastel tutup ama sup merah kan makanan orang surabaya... :D

    ReplyDelete
  2. Gua demen ama pastel tutup, tapi laki gw gga demen dia blg terlalu Dutch style banget. Jadinya lebih sering gua modify jadi lebih mirip ama Shepperd Pie gitu.

    ReplyDelete
  3. Yummy! Kalo gue lebih demen yang gak terlalu basah, jadi lebih kayak pie, yang lapisan kentangnya atas bawah. Gue juga demen bikin pastel tutup heheheh. Masukan dikit boleh gak Fel ? Kalo bisa masaknya jangan pake penyedap rasa lagi, soalnya banyak bahayanya. Gue sih avoid banget, apalagi elu udah pake processed meat kayak si maling itu (yang di dalamnya juga high sodium). Jadi kalo gue sih tuker aja sama gula banyakan dibanding pake penyedap rasa, sedap juga kok. Dijamin :D

    ReplyDelete
  4. @ Arman: 'Orang sekitar Surabaya' tepatnya. Malang. :P
    @ Baby: Shepperd pie? model bejimane itu? Mau dooong resepnya.
    @ Leony: Iya, Le. Thx alot ya. ^_^ Maren sempat bikin lagi, bawang merah n bawang putih gorengnya g banyakin. :P

    ReplyDelete
  5. lebih simpel y resep ini,
    keliatannya enak.. :D
    o yah uda bisa d copy kok blogku,
    kemarin2 emang plugin blog protector nya eror, maaf (:
    silahkan d ambil awardnya ;)

    ReplyDelete
  6. Mangstraaaaaaaab......
    lebih demen kalau ga cuma sekedar gambar yang di share...tapi tersedia di meja makanku...
    slurrp...slurrrrp...*ngecesmode

    ReplyDelete
  7. @ N03L: wakakakakak... ngkok lek ke Jkt ta gowono. Ilingno aku yo. ^^

    ReplyDelete
  8. napsuh gw... napsuh....

    ReplyDelete
  9. bahan buat isinya banyak banget fel.
    Gua bacanya sampe mabok apalagi bayangin bikinnya. hehehe

    emang gua nga bakat dibidang masak memasak. Nah bakat gua itu cuma MAKAN. wkwkwkkw

    tengah malam liat pastel tutup ala elo bikin gua lapar, gimana dong?

    ReplyDelete

Hi... please leave a comment. Thank you. ^_^